BerandaUnikGerhana Matahari Pertama Tahun Ini Terjadi 30 April

Gerhana Matahari Pertama Tahun Ini Terjadi 30 April

- Advertisement -

DUO AISHA – Gerhana Matahari pertama pada 2022 akan terjadi pada 30 April. Gerhana ini bakal terlihat di wilayah terbatas, di antaranya Antartika, ujung selatan Amerika Selatan, wilayah Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Fenomena ini terjadi ketika Bulan baru lewat di depan matahari dari sudut pandang Bumi. Gerhana Matahari bisa terjadi secara penuh, sebagian, atau Cincin. Gerhana sebagian terjadi ketika Bulan hanya menutupi sebagian piringan Matahari.

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sebagaimana diberitakan cnnindonesia.com, gerhana kali ini akan menutup sekitar 64 persen piringan Matahari. Namun persentase tersebut bervariasi tergantung lokasi pengamat ketika melihat gerhana.

Baca Juga :

  1. Belajar di Youtube, Pasutri Ini Cetak dan Edarkan Uang Palsu
  2. Perludem Usul Pj Kepala Daerah Diisi oleh Sekda
  3. Tak Perlu Garam, Sumpit Ini Bisa Hasilkan Rasa Asin
- Advertisement -

Pada 2022, tidak akan ada Gerhana Matahari total. Namun, sebagian lainnya akan terjadi pada 25 Oktober. Gerhana tersebut bakal terlihat dari Eropa, Afrika Timur Laut, Timur Tengah dan Asia Barat.

Kemudian akan terjadi lagi pada 20 April 2023. Gerhana ini menjadi gerhana hibrida, menampilkan karakteristik dari kedua Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Cincin.

Sedangkan Gerhana total berikutnya akan terjadi pada 8 April 2024 dan terlihat dari Amerika Utara, seperti dikutip dari Space.

Gerhana total terakhir terjadi pada 4 Desember 2021. Fenomena tersebut bisa terlihat sebagian dari Afrika Selatan, Chili, Selandia Baru, dan Australia.

Gerhana tersebut bahkan sempat membuat seluruh area Antartika gelap gulita selama beberapa menit. Lebih lanjut, meski Gerhana Matahari 30 April tidak bisa disaksikan dari Indonesia, fenomena tersebut tetap bisa disaksikan secara online.

Ketika menyaksikan Gerhana Matahari, masyarakat diimbau tidak melihat Matahari secara langsung menggunakan mata telanjang karena berbahaya.[]

- Advertisement -
Ikuti berita terbaru di Google News

kabar terbaru

kabar khusus