BerandaBeritaGempa Magnitudo 4,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

- Advertisement -

DUO AISHA – Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (26/4) pukul 00.01 WIB. Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M 4,8,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4) sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com

Lebih lanjut Hartanto mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 7.48 LS dan 106.68 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 56 km tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 25 kilometer.

Baca Juga:

  1. 6 Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi Tercinta, Ibu Wajib Tahu
  2. 7 Cara Menghilangkan Gatal secara Alami dan Cepat
  3. 7 Minuman yang Baik untuk Asam Lambung, Perlu Dicoba
- Advertisement -

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar yang terjadi di dasar laut di bagian dari Lempeng Eurasia,” ujarnya.

Hartanto menjelaskan dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Sukabumi, Cianjur Selatan dengan skala intensitas II – III MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ucap Hartanto.

Selain di Sukabumi, gempa turut dirasakan masyarakat di Garut dan Pangandaran dengan skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Selain itu, hingga pukul 00.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan ada aktivitas gempa bumi susulan.[]

- Advertisement -
Ikuti berita terbaru di Google News

kabar terbaru

kabar khusus