BerandaTechnoGagal Masuk WhatsApp Web Pakai Kode QR? Coba Cara Ini

Gagal Masuk WhatsApp Web Pakai Kode QR? Coba Cara Ini

- Advertisement -

DUO AISHA – Aplikasi pesan WhatsApp menyediakan fitur web yang dapat diakses melalui komputer. Untuk mencobanya, Anda harus memindai kode QR menggunakan ponsel untuk menautkan akun WhatsApp dengan WhatsApp Web.

Namun, cara tersebut bisa membuat Anda frustasi ketika Anda tidak dapat memindai kode QR. Berikut yang bisa Anda lakukan jika Anda gagal memindai kode QR, dikutip Makeuseof, Senin (9/5/2022):

1. Pastikan Kamera Ponsel Bersih dari Partikel Debu

Kode QR merupakan sekumpulan kotak hitam dan putih. Jika partikel debu menumpuk di layar ponsel, itu bisa mengganggu koneksi antara ponsel dan kode QR. Ini membuat kamera ponsel tidak dapat melakukan pemindaian kode QR dengan maksimal.

- Advertisement -

Baca Juga :

  1. Penyebab Whatsapp Web dan Ponsel Sering Terputus Tak Connect
  2. Bisa Buka di 4 Perangkat Sekaligus, Begini Cara Menggunakan WhatsApp Web
  3. Kondisi Terkini Tukul Arwana, Membaik dan Rutin Fisioterapi

Cara yang harus Anda lakukan adalah membersihkan layar monitor agar memastikan tidak ada partikel debu yang menghalangi kamera. Selain itu, pastikan kursor mouse tidak berada pada kode QR.

2.Pastikan Masalah Tidak Berasal dari WhatsApp

Anda harus memastikan masalah terhambatnya penautan kode QR bukan berasal dari WhatsApp. Untuk mengecek, Anda bisa mengunjungi situs web sItDownRightNow.

Jika WhatsApp Web mengalami masalah teknis, tunggu hingga pengembang menyelesaikannya di backend. Jika tidak ada masalah yang dilaporkan di sana, periksa perangkat keras yang digunakan.

3.Periksa Koneksi Internet

Saat menautkan ke perangkat baru, aplikasi seluler WhatsApp dan WhatsApp Web memerlukan koneksi internet aktif. Jika salah satu perangkat tidak terhubung ke internet atau memiliki koneksi buruk, Anda mungkin mengalami masalah saat memindai.

Jadi, pastikan internet berfungsi di kedua perangkat dan selesaikan masalah jaringan apa pun jika ada masalah.

4.Cek Browser yang Digunakan

Anda mungkin mengalami masalah dengan WhatsApp Web karena browser yang Anda gunakan. Coba pindai kode QR dengan membuka WhatsApp Web di browser lain secara bersamaan.

5. Hapus Cache pada Browser dan Aplikasi Seluler WhatsApp

Cache menyimpan informasi sementara untuk membuat situs web dan aplikasi dimuat lebih cepat. Ada kemungkinan besar ia menyimpan informasi dari akun WhatsApp yang ditautkan sebelumnya yang mengganggu saat menghubungkan yang baru.

Jadi, bersihkan cache dari aplikasi seluler dan browser WhatsApp Anda untuk memastikan itu bukan cache yang menumpuk dan menyebabkan masalah. Setelah membersihkan cache, restart WhatsApp dan WhatsApp Web serta pindai kodenya lagi.

6. Hapus Akun WhatsApp Tertaut Lain

Anda mungkin mengalami masalah ini jika sebelumnya Anda telah menautkan akun WhatsApp Anda ke browser dan perangkat lain yang Anda miliki.

Oleh karena itu, memutuskan tautan semua perangkat yang sebelumnya ditautkan di WhatsApp Anda dapat menyelesaikan masalah. Berikut cara untuk memutuskan tautan perangkat:

  • Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  • Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas atau ketuk “Settings” jika Anda menggunakan iPhone.
  • Buka perangkat yang ditautkan atau “Linked devices.”
  • Ketuk perangkat atau browser yang ingin Anda putuskan sambungannya.
  • Tekan Logout.

7. Nonaktifkan Antivirus dan Ekstensi Browser

Meskipun kemungkinannya kecil, gangguan dari antivirus atau ekstensi browser juga dapat menyebabkan masalah tersebut. Oleh karena itu, matikan perangkat lunak antivirus Anda dan hapus ekstensi yang diinstal satu per satu.[]

- Advertisement -
Ikuti berita terbaru di Google News

kabar terbaru

kabar khusus