BerandaHumanioraPendidikanBacaan Niat Puasa Ramadhan 2022 Bahasa Arab dan Latin

Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2022 Bahasa Arab dan Latin

- Advertisement -

DUO AISHA – Bacaan niat puasa Ramadhan 2022 dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya. Niat puasa dibaca kapan, apakah harus diucapkan dengan lisan? Bagi umat muslim, Ramadhan merupakan bulan istimewa. Bulan ini merupakan salah satu bulan penuh berkah dalam tahun Hijriah. Sebentar lagi puasa Ramadhan akan segerta tiba.

Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa hingga satu bulan penuh bagi mereka yang tidak memiliki udzur. Setelah itu umat muslim akan bertemu dengan idhul fitri pada 1 Syawal 1443 H.

Sebelum menjalankan puasa, umat muslim harus berniat terlebih dahulu. Para ulama telah sepakat bahwa membaca niat merupakan bagian dari rukun puasa. Membaca niat untuk menunaikan puasa di suci hukumnya wajib mengingat niat ini merupakan bagian dari rukun puasa Ramadhan.

Baca Juga:

  1. Sambut Ramadhan, Ini Niat Sholat Tarawih dan Witir Lengkap
  2. Cara Bayar Tiktok Shop lewat GoPay dan DANA Terbaru
  3. Pakar Ingatkan Risiko Phising Belanja Online Saat Ramadhan
- Advertisement -

Hal ini berarti ibadah puasa akan sah ketika seseorang membaca niat terlebih dahulu, dan dianggap tidak sah ketika orang tersebut tidak membaca niat.

Dengan membaca niat puasa maka orang tersebut telah menyampaikan kehendak untuk melakukan puasa sesuai dengan ketentuannya. Oleh sebab itu, niat puasa sangatlah penting bagi orang yang akan menjalankan puasa Ramadhan.

Seperti halnya ibadah-ibadah wajib lainnya, puasa Ramadhan juga memiliki bacaan niat tersendiri. Berikut bacaan niat dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya.

Niat puasa Ramadhan

Bahasa Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Latin

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Terjemahan

“Aku berniat berpuasa besok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Kamudian kapan waktu yang tepat untuk membaca niat ini? Niat harus dibaca atau dilakukan di malam hari sebelum menunaikan ibadah puasa. Waktu untuk membacanya mulai ba’da maghrib hingga terbit fajar.

Jika niat dibaca di luar waktu tersebut maka puasa dianggap tidak sah.

Lalu apakah niat ini harus dibaca melalui lisan atau boleh berniat dalam hati?

Membaca niat harus dilakukan dengan hati. Umat muslim dapat membaca niat dalam hati dan boleh juga membaca niat dengan lisan.

Niat puasa ini dengan diucapkan secara lisan hukumnya sunnah. Perlu diingat bahwa niat harus dibaca pada waktu yang telah ditentukan.

Itulah bacaan niat dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya. Serta penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk membaca niat puasa Ramadhan.[]

- Advertisement -
Ikuti berita terbaru di Google News

kabar terbaru

kabar khusus