BerandaLifestyle6 Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi Tercinta, Ibu Wajib Tahu

6 Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi Tercinta, Ibu Wajib Tahu

- Advertisement -

DUO AISHA – Sebagai seorang ibu, tips memilih botol susu untuk bayi adalah sesuatu yang harus diperhatikan jika ingin membeli perlengkapan untuk anaknya. Bukan untuk mempersulit, tapi untuk menjaga keamanan demi kesehatan buah hatinya.

Memilih botol susu jangan hanya karena tergiur harga promo tanpa memperhatikan kualitas. Ibu harus memerhatikan botol dan ukuran dot yang dipilih, serta memastikan botol susu terbuat dari bahan berkualitas yang aman digunakan untuk bayi.

Pastikan botol susu yang digunakan si kecil tidak mengandung bisphenol-A (BPA). FYI, BPA adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan botol bayi agar terlihat jernih dan tidak mudah pecah. Jarang diketahui para ibu, bahan kimia BPA bisa mengontaminasi air susu dan masuk ke dalam tubuh bayi.

Baca Juga :

  1. 7 Cara Menghilangkan Gatal secara Alami dan Cepat
  2. 7 Minuman yang Baik untuk Asam Lambung, Perlu Dicoba
  3. Gerhana Matahari Pertama Tahun Ini Terjadi 30 April

Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi

- Advertisement -

Kalau terus dibiarkan, air susu yang terkontaminasi BPA berbahaya bagi sistem reproduksi, saraf, serta mengganggu kesehatan tubuh bayi. Itulah mengapa, seorang ibu harus paham bagaimana tips memilih botol susu untuk bayi. Sebagai referensi, berikut kami saji beberapa tipsnya.

1. Botol Susu Bebas BPA

Seperti yang sudah disinggung di awal, botol susu yang mengandung BPA harus dihindari karena berbahaya bagi bayi. Oleh karena itu, pilih botol susu yang BPA-free atau bebas BPA.

2. Kenali Kode Penomoran Botol Susu

Selain memastikan tidak mengandung BPA, ibu juga harus mengenali kode penomoran pada bagian bawah botol susu. Hal ini bertujuan untuk mengenali jenis bahan plastik yang digunakan pada botol susu. Umumnya, kode penomoran yang ada pada botol susu yang aman adalah logo nomor “2”, yaitu terbuat dari bahan high-density polyethylene (HDPE).

3. Kenali Jenis Botol Susu

tips memilih botol susu untuk bayi yang aman berikutnya dengan mengenali jenis botol yang akan digunakan. Setiap jenis botol susu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa jenis botol susu yang perlu dipertimbangkan:

a. Botol Susu Bayi Biasa

Botol susu dan dot bayi ini mudah ditemukan di berbagai toko perlengkapan bayi. Jenis botol ini memiliki beberapa ukuran dot yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Sayangnya, bayi berisiko kolik karena ada kemungkinan mereka menelan udara saat menyusu.

b. Botol Susu Anti-Kolik

Sesuai dengan namanya, jenis botol susu ini dirancang khusus untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan selama menyusu agar tidak kolik. Dibandingkan dengan botol susu biasa, harga jenis botol susu bayi satu ini cenderung lebih mahal.

c. Botol Susu dengan Leher Lebar

Terakhir adalah jenis botol susu dengan leher lebar. Di balik ukurannya yang lebar dan unik, jenis botol susu satu ini biasanya memiliki desain anti-kolik. Hanya saja, ukuran botol susu yang lebar akan sedikit makan tempat dan kurang ringkas dibawa bepergian.

4. Ukuran Sesuai dengan Usia Bayi

Tips memilih botol susu untuk bayi berikutnya dengan memerhatikan ukuran dot. Pilih ukuran dot sesuai dengan usia bayi guna mencegah risiko tersedak saat menyusu. Umumnya bayi berusia 0-3 bulan menggunakan dot berukuran S, dan bayi berusia 3-6 bulan menggunakan dot berukuran M. Sedangkan untuk bayi usia 6 bulan ke atas menggunakan dot berukuran L.

5. Utamakan Kenyamanan Bayi

Kenyamanan adalah hal utama dalam memilih botol susu dan dot untuk si kecil. Cari botol susu yang mudah dipegang si kecil, kemudian pilih dot yang nyaman. Biasanya, bayi menyukai ujung dot yang bangkok dan lunak karena terasa lebih nyaman.

6. Pilih Desain yang Mudah Dicuci

Botol susu yang kurang bersih berisiko menyebabkan si kecil terkena berbagai gangguan pencernaan, seperti sakit perut maupun diare. Oleh karena itu, pilih botol susu yang aman dan memiliki desain sederhana agar mudah dibersihkan.

Itulah beberapa tips memilih botol susu untuk bayi yang wajib diperhatikan oleh seorang ibu. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

- Advertisement -
Ikuti berita terbaru di Google News

kabar terbaru

kabar khusus